Analisis Terhadap Platform Merdeka Mengajar Menggunakan Metode Heuristic Evaluation
DOI:
https://doi.org/10.70309/ticom.v12i1.103Keywords:
platform merdeka mengajar, heuristic evaluation, usebality, user interfaceAbstract
Pada era digitalisasi sekarang ini, semua aspek kehidupan manusia menghadapi banyak tantangan, dan kemajuan teknologi telah membawa perubahan pada bidang pendidikan. Salah satunya Merdeka Belajar yang memberikan dampak positif bagi dunia pendidikan. Kondisi ini dapat dirasakan adanya keberadaan Platform Merdeka Mengajar (PMM) yang dirilis oleh Kemendikbud Ristek. Aplikasi PMM merupakan platform pendidikan yang dapat dimanfaatkan oleh guru sebagai sarana pembelajaran. Adapun PMM bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan sebagai wadah memotivasi guru lainnya. Hal ini dapat dirasakan oleh guru dalam program Implementasi Kurikulum Merdeka dimana guru diberikan kemudahan mengakses berbagai kebutuhan kegiatan belajar mengajar seperti memperoleh referensi, inspirasi, dan pemahaman tentang Kurikulum Merdeka. Guru, Siswa dan Tenaga Kependidikan di satuan pendidikan dapat menggunakan PMM dengan cara login dengan akun belajar.id. Namun berjalannya waktu Platform ini belum bisa berjalan sesuai tujuannya dalam memberikan kemudahan pelayanan mobile, karena banyak ditemukan keluhan para user, dimana hal ini dapat dilihat user review playstore terkait bug, tampilan, fitur-fitur atau pemakaian aplikasi PMM yang sulit. Adapun faktor User interface dan User experience sangat penting dalam pembangunan aplikasi serta evaluasi agar prinsip-prinsip usability sesuai dengan kebutuhan user. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis kebergunaan (usability) PMM yang secara visinya dapat membuat lingkungan pembelajaran yang berkolaborasi dan efisiensi dengan budaya kerja yang positif. Analisis terhadap halaman antarmuka ini menggunakan metode Heuristic Evaluation yang dilakukan oleh tiga evaluator. Adapun desain User Interface PMM sudah cukup baik, namun diperlukan evaluasi agar berdasarkan pada sepuluh prinsip usability yang baik dan benar. Sehingga aplikasi ini perlu ditingkatkan, terutama pada kesesuaian serta karakteristik dalam memudahkan penggunaan. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi bahan rekomendasi yang dapat dijadikan salah satu pertimbangan terhadap aplikasi PMM.
References
S. Iskandar, P. S. Rosmana, A. Nafira, and ..., “Sekolah Penggerak: Mempercepat Terwujudnya Profil Pelajar Pancasila,” Innov. J. …, vol. 3, pp. 2702–2713, 2023, [Online]. Available: http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/620.
C. Z. Fitriyah and R. P. Wardani, “Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar,” Sch. J. Pendidik. dan Kebud., vol. 12, no. 3, pp. 236–243, 2022, doi: 10.24246/j.js.2022.v12.i3.p236-243.
S. Dasar, D. Marisana, S. Iskandar, D. T. Kurniawan, and U. P. Indonesia, “Penggunaan Platform Merdeka Mengajar untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 7, no. 1, pp. 139–150, 2023.
K. Suryani, I. S. Utami, K. Khairudin, A. Ariska, and ..., “Pengembangan Modul Digital berbasis STEM menggunakan Aplikasi 3D FlipBook pada Mata Kuliah Sistem Operasi,” J. Mimb. Ilmu, vol. 25, no. 3, pp. 358–367, 2020, [Online]. Available: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI/article/view/28702.
M. A. Lubis, J. Johannes, A. Rasyid, and N. Azizan, “Efektivitas Platform Rumah Belajar sebagai Sumber Belajar Digital di Era Kenormalan Baru,” Indones. J. Islam. Elem. Educ., vol. 1, no. 2, pp. 59–70, 2021, doi: 10.28918/ijiee.v1i2.4659.
Masitah, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran untuk Memfasilitasi Guru Menumbuhkan Rasa Tangung Jawab Siswa SD terhadap Masalah Banjir,” Proceeding Biol. Educ. Conf., vol. 15, no. 1, pp. 40–44, 2018.
M. Cholilah et al., “Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21,” vol. 01, no. 02, pp. 57–66, 2023, doi: 10.58812/spp.v1.i02.
L. L. N. Hanifah and N. Saraswati, “Peran Teknologi Jaringan Komputer dalam Penyebaran Informasi di Perpustakaan SMKN 1 Trenggalek,” IJAL (Indonesian J. Acad. Libr., vol. 3, no. 3, pp. 21–25, 2020, [Online]. Available: http://journals.apptisjatim.org/index.php/ijal/article/view/73.
N. Aryani, “Midwife Virtual Menggunakan Aplikasi Pelayanan Chatbot Polita Sebagai Media Untuk Informasi Imunisasi,” Sains dan Teknol. Inf., vol. 7, no. 1, pp. 12–21, 2021, doi: 10.33372/stn.v7i1.678.
N. Asnawi, “Pengukuran Usability Aplikasi Google Classroom Sebagai E-learning Menggunakan USE Questionnaire (Studi Kasus: Prodi Sistem Informasi UNIPMA),” Res. Comput. Inf. Syst. Technol. Manag., vol. 1, no. 1, p. 17, 2018, doi: 10.25273/research.v1i1.2451.
A. Y. Chandra, D. Kurniawan, and R. Musa, “Perancangan Chatbot Menggunakan Dialogflow Natural Language Processing (Studi Kasus: Sistem Pemesanan pada Coffee Shop),” J. Media Inform. Budidarma, vol. 4, no. 1, p. 208, 2020, doi: 10.30865/mib.v4i1.1505.
D. S. Khafaga, A. A. Alhussan, E. S. M. El-Kenawy, A. Ibrahim, M. M. Eid, and A. A. Abdelhamid, “Solving Optimization Problems of Metamaterial and Double T-Shape Antennas Using Advanced Meta-Heuristics Algorithms,” IEEE Access, vol. 10, no. July, pp. 74449–74471, 2022, doi: 10.1109/ACCESS.2022.3190508.